Powered By Blogger

Senin, 29 Juni 2015

Bagian - bagian pada AC dan Kulkas

Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Kompresor Kulkas (Lemari Es)

Pada hari ini, Pro service akan membagikan Cara Memeriksa Kompresor Kulkas (Lemari Es), Bukan Haanya Itu, Proservice Juga akan membagikan info Cara mengetahui kompresor yang bagus, Dan Masih Banyak Lagi. 

Cara memeriksa kompresor kulkas
Dalam sebuah sistem pendingin seperti AC, Kulkas, Freezer, Chiller, Show case dll Kompresor adalah sebuah komponen vital yang berfungsi mensirkulasi kan Gas Refrigerant. jika kompresor mengalami gangguan atau mengalami kerusakan, pada umumnya pemilik enggan untuk mengganti komponen ini dengan yang baru, dengan harga yang cukup tinggi dipasaran, harga kompressor kulkas 1 pintu saja bisa dibandrol tidak terpaut jauh dengan harga beli kulkas bekas yang masih layak pakai. ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari alat ini seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan mekanis seperti piston, reed valve dll, sayang untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih. Agar tidak ribet dan mesti merogoh kocek terlalu dalam jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kondisi "kesehatan" kompresor kulkas anda, siapa tahu bermanfaat. Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 1 Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan utama seperti Obeng, Tang, Multi tester dan jika ada clamp meter. Setting clamp meter (biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan hasil pengukuran nya harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang tertulis dari pabrik kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current : 0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika suara yang ditimbulkan kompressor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus ampere yang terukur. Setting multitester pada posisi pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester pertama dihubungkan kelantai kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan kebagian kompresor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multi tester hasil dari langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 2. matikan kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak bukalah penutup soket listrik kompresor yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar) lepaskan relay dan overload dari soket nya. setting multi tester pada posisi pengukur ohm. tempel kan pen multitester ke body kompresor dan yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti elektro motor kompresor benar-benar dalam keadaan baik. Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 3 masih pada ke 3 Pin atau soket yang terdapat pada kompresor dan multitester pada posisi ohm meter, ukurlah ketiga soket ini dengan cara soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C (biasanya berada paling atas atau paling bawah / tidak berdampingan) dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran ini harus didapat resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C (common) dengan R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S (start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm bahkan lebih tinggi berarti lilitan/gulungan elektro motor konslet/rusak atau terputus.

Cara mengetahui kompresor yang bagus
Jika hendak membeli kompresor baru pastikan dahulu lakukan pengetesan di toko atau di rumah, karena bila tidak di test dahulu dan kompresor sudah terpasang/tersambung dengan kondesor dan kondisi kompresor yang baru ternyata kurang memuaskan, kompresor tersebut tidak bisa di kembalikan. *barang yang sudah di beli tidak dapat di tukar* Bagaimana caraya agar kita mengetahui kompresor masih dalam keadaan bagus dan siap pakai..?? Hal pertama yang perlu di lakukan adalah: Ukur ketiga tanahan terminal SCR ke body compressor dengan multi tester skala ohm (Ω) 1x ohm, jika ada tahanan dan jarum bergerak keatas berarti kompresor tersebut sudah jelek *No Good* contact body atau konsleting, jika jarum tidak bergerak saat di hubungkan ke compressor body berarti kompresor dalam kondisi bagus. Lakukan pengetesan kompresor secara manual sebelum di Las untuk mengetahui seberapa besar tekanan dan hisap nya pada kompresor yaitu dengan cara menekan dengan tangan pada pipa tekan kompresor dan pipa hisap kompresor. cara melakukan pengetesan kompresor melalui pipa tekan yaitu pada saat kompresor di hidupkan tekan dengan tangan pada pipa tekan berulang-ulang *buka..tutuup* selanjutnya tutup dengan tangan pada pipa tekan *jangan di lepas* kemudian cabut power kompresor, pada saat kompresor mati tekanan pun hilang namun pada kompresor ini masih terdapat sisa kompresi udara, lepaskan tangan yang menutupi pipa tekan tadi, jika pada saat itu kompresor masih mengeluarkan sisa kompresi udara berarti kompresor masih bagus. Cara mengetahui pengetesan kompresor melalui pipa hisap yaitu caranya sama dengan pengetesan kompresor pada pipa tekan, hanya perbedaanya pada pipa ini jika pada saat kompresor sudah tercabut dari powernya tangan yang menutupi pipa hisap itu akan terus menempel *terhisap kompresor* Jika di antara kedua hal tersebut di lakukan maka akan terlihat kondisi kompresor itu baik atau bagusnya dan siap di pasang. Tanda jika kompresor tersebut NO Good adalah pipa tekan kompresor pada saat di tutup akan keluar udara pada pipa hisap begitupun sebaliknya jika pada pipa hisap kompresor tertutup dengan tangan dan tangan kita tidak merasakan hisapan yang kuat dari kompresor itu juga bisa menandakan kompresor itu tidak layak di pasang. Jikalau kita sudah mengetahui kondisi kompresor seperti gejala tadi lebih baik jangan di pasang karena hasil pendinginan yang di capai kompresor tidak akan maksimal.

CARA MENENTUKAN AMPERE PADA KOMPRESOR
Pada tabel Konversi satuan daya : 1HP = 745,7 Watt = 0,746 kW. 1HP (Inggris) = 1,014 PK (Belanda) NB:Kita di Indo sudah biasa menyamakan 1 HP = 1 PK. Untuk single phase (1 phase) 220 V : 1 hp = 745,7 watt : 220 V = 3,39 Ampere. Untuk 3 phase 380 V : 1 hp = 745,7 watt : (380×1,73) = 1,13 Ampere. bilangan 1,73 berasal dari (√3 x Cos ρ) Dengan catatan semua perhitungan dengan menganggap Cos phi (ρ) nya = 1 (satu). Jadi kesimpulan Kompresor Menurut rumusnya adalah : 1 phase (fasa) 1 PK = 3,39A 1/2pk = 1,69A 1/4pk = 0,84A 1/6pk = 0,56A 1/8pk = 0,42A 3 Phase 1 PK = 1,13A 1/2pk = 0,58A 1/4pk = 0,28A 1/6pk = 0,18A 1/8pk = 0,14A Contoh barang2 dengan motor penggerak 1 Phase : Pompa air, kipas angin, kompresor AC dibawah 3HP & kulkas, mixer, hair dryer, dsb. Motor Induksi 3 Phase umumnya dipakai pada Industri : Hoist Crane/alat angkat, kompresor AC diatas 3HP & Chiller, motor2 produksi, conveyor, pompa2 (air,minyak/hydrolik dsb), Taman Hiburan (penggerak kincir, sky lift dsb)

PIPA KAPILER
Pipa kapiler dan Fungsinya Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendingin baik itu Air conditioner,kulkas dll. Pipa kapiler ini adalah pipa yang paling kecil jika di banding dengan pipa lainnya, untuk pipa kapiler suatu frezzer atau dispenser berukuran 0,26" s/d 0,31" sedangkan untuk pipa kapiler AC 1/2 s/d 2 pk adalah 0,5" s/d 0,7". Kerusakan pada pipa kapiler di mesin pendingin ini biasanya di sebabkan karena pipa kapiler ini mengalami kebuntuan akibat kotoran yang masuk dan juga oli. Gas Refrigerant yang keluar dari kompresor telah menjadi gas yang bertekanan kemudian mengalir melalu pipa-pipa kondensor (out door) dan melewati proses penyaringan yang biasa di sebut Drier strainer setelah itu baru menuju pipa kapiler. panjang pipa kapiler yang di butuhkan pada mesin pendingin ialah 80 - 100 cm. penempatan pipa kapiler ini biasanya di gulung untuk menghemat tempat dengan menggunakan mal kapasitor bekas agar tidak penyek (di gulung melingkar). Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan dan mengatur cairan refrigerant yang berasal dari pipa pipa kondensor. Sebelum gas refrigerant masuk melewati pipa kapiler terlebih dahulu harus melalui alat yang di sebut drien strainer yaitu saringan gas yang sudah terpasang dari pabrikan mesin pendingin. Fungsi dari drier stariner ialah menyaring dan menerap debu yang akan masuk ke ruang pipa kapiler dan ke jalur pipa yang menuju evaporator indoor. Pipa kapiler ini hukumnya WAJIB bukan SUNNAH bila pada saat penggantian kompresor karena beberapa kali hasil survey bila tidak di ganti tetap akan mengalami kebuntuan kecuali anda mau melakukan pengerjaan Flushing dengan bantuan R11. Cara mengganti pipa kapiler kulkas Beberapa penyebab kerusakan kulkas adalah salah satunya pipa kapiler mampet/buntu pada pipa kapiler nya.ukuran pipa kapiler kulkas adalah 0,26″ – 0,30″ sangat kecil sekali sehingga apabila terdapat kotoran/ oli kompresor yang terjebak ke dalam pipa tsb dapat mengakibatkan kebuntuan pada mesin pendingin ini, sehingga kulkas tidak bisa dingin. Untuk memperbaiki kulkas dalam hal ini sangat perlu kesabaran dan ke hati-hatian dalam pengerjaanya karena walaupun pipa kapiler sudah di ganti dengan yang baru namun bila salah dalam pengisian freon kulkas juga bisa menyebabkan pipa kapiler ini akan mampet kembali, Bila terjadi kebuntuan pada pipa kapiler dapat di atasi dengan cara flushing Pipa kapiler kulas, fushing ini umum di lakukan untuk membersihkan jalur sirkuit pada mesin pendingin seperti AC, KULKAS Dll. Cara penggantian pipa kapiler kulkas memang sangat sulit di lakukan bagi yang belum tahu, Banyak sekali orang yang tahu tapi jarang mau memberi tahu, tapi kalao sudah tahu sih sebenarnya mudah sekali karena posisi/penempatan pipa kapiler kulkas ini ngumpet di dalam body kulkas. Langkah penggantian pipa kapiler kulkas Buka cover kulkas depan Lepaskan dengan alat las pipa pipa yang terhubung ke evaporator kulkas Bersihkan evaporator kulkas dengan cara di flushing Bersihkan jalur pipa-pipa lainnya Buat lubang pada belakang body kulkas *pojok atas kiri* dengan alat bor Siapkan pipa kapiler yang baru, panjang sesuaikan dengan tinggi kulkas Masukan ujung pipa kapiler *atas* ke lubang tsb Sambung dengan las pipa kapiler yang baru pada evaporator kulkas Tarik ujung pipa kapiler *bawah* nya dan sambung ke filter kulkas Setelah semua pipa sudah terpasang lakukan pemakuman kulkas Kemudian di lanjut dengan Pengisian Freon kulkas.

Tips mencari terminal S C R pada kompresor
Pada kompresor AC terdiri dari dua bagian utama yaitu STATOR dan ROTOR, Bagian STATOR adalah bagian yang diam(tidak berputar) yang terdiri dari sejumlah lillitan/gulungan kawat tembaga yang membentuk kumparan. Pada kumparan Stator terdapat dua lilitan yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder. Perbedaan lilitan primer dan lilitan sekunder adalah: pada lilitan primer ini memiliki diameter kawat yang lebih besar dan jumlah lilitannya sedikit, selanjutnya di sebut sebagai R (running), sedangkan lilitan sekunder memiliki diameter kawat lebih kecil dengan jumlah lilitan yang banyak, dan disebut sebagai S (starting), dan terminal penghubung di sebut sebagai C (common). di antara kedua lilitan itu manakah yang paling besar tahanannya..?tentunya lilitan sekunder karena yang mempunyai lilitan lebih banyak, tahanannya akan bernilai besar. Bagian ROTOR adalah bagian yang bergerak / berputar yang terdiri dari kumpulan plat logam yang membentuk slinder dan di bagian tengahnya terdapat AS untuk menggerakan komponen kompresor. Pada unit kompresor biasanya terdapat 3 buah terminal yaitu: Starting Common Running untuk mengetahui letak ketiganya sangat mudah karena pada tutup terminal kompresor biasanya tertulis kode SCR, tetapi tidak semuanya unit kompresor di beri kode SCR ada juga yang belum di kasih kode *operator nya lupa kasih kode* dan di tabung kompresor di label WARNING kira-kira begini bunyinya "Pastikan dengan benar letak terminal SCR sebelum memasang kompresor", karena bila salah dalam memasang socket pada terminal SCR mengakibatkan putaran motor kompresor menjadi terbalik dan dapat membuat kompresor macet/rusak *walahhh kompresor baru matii gara2 hal kecil doankk* Jika pada penutup kompresor tidak terdapat kode Terminal SCR terpaksa Anda harus mencarinya sendiri, Naah ini ada Sedikit tips ringan dari Saya untuk mencari letak Terminal SCR pada kompresor mudah-mudahan bisa membantu nihh. 1. Siapkan alat ukur Multi tester atau tang ampere (beserta pin pengukurnya) 2. Atur skala tang ampere atau multi tester pada skala x 10 Ω. 3. Buat sketsa segitiga, anggap saja Terminal SCR adalah titik X,Y,Z, ini dilakukan karena kita belum tahu pasti titik S,C,R secara pasti 4. Ukur tahanan atau resistansi antara terminal X,Y dan Z., Ukurlah resistansi antara (X-Y),(X-Z) dan (Y-Z), kemudian catat nilai resistansinya misalnya Nilai nya X-Y 50Ω, X-Z 10Ω, Y-Z 60Ω hasil tahanan terbesar adalah kombinasi lilitan primer dan lilitan sekunder, dan Tahanan terkecil merupakan kombinasi lilitan primer dan terminal penghubung. - Garis Y-Z adalah tahanan terbesar, dan dapat dipastikan titik X adalah terminal penghubung yaitu C(Common) - Garis X-Z adalah tahanan terkecil, dan dapat dipastikan titik Y adalah terminal sekunder yaitu S(Starting) dan titik Z terminal utama yaitu R (running) Titik X = terminal C (common), Y = terminal S (starting) dan Z = terminal R (running) Terminal SCR pada kompresor sudah ditemukan sekarang tinggal menyambung socket yang terhubung ke Aliran listrik guna menghidupkan Compressor AC dan memastikan unit compressor AC yang baru di beli dalam kondisi bagus sebelum terpasang pada kondensor AC karena bila sudah terpasang/di las pada kondensor dan ternyata kompresor baru itu kondisinya tidak bagus maka kita tidak dapat menukarnya kembali ke toko. "kompresor yang sudah di las tidak dapat di tukar dengan yang baru"

ALAT-ALAT SERVICE KULKAS dan AC
Beberapa Peralatan yang di perlukan untuk perawatan ataupun service AC dan juga service kulkas ini sengaja saya buat di dokumen ini, walaupun sebelumnya sudah ada beberapa kegunaan peralatan kulkas karena agar memudahkan para rekan2 yang memerlukan dani digunakan untuk keperluan service kulkas dan AC Starwash (mesin steam bertekanan) untuk mencuci unit AC indoor dan outdoor Plastik steam AC (plastik cor) untuk menutupi/mengalirkan air cucian unit AC yang kotor Kunci inggris 10" 1 bh, dan 12" 1 buah. Cutter pipa tembaga Kunci pas 12-13 untuk pemasangan dinabolt bracket outdoor kunci 8 untuk membuka tutup kompresor. Bor Listrik berikut mata bor ukuran 6" dan 10" Obeng kembang/plus dan obeng minus Obeng pendek/bogel (sewaktu-waktu di perlukan pada saat kondisi sulit) Tespen Tang Ampere untuk mengukur tegangan arus listrik pada kompresor dll Tang kombinasi (tang buaya) Mesin Vakum Manifod gauge sebagai pengukur tekanan freon/refrigerant pada mesin pendingin Mesin Las dengan campuran bahan oksigen dan blue gas 3 kilo (lebih mahal dari lpg 3 kilo , tetapi lebih safety bluegas), kawat las tembaga dan borax Alat flaring dan swaging

Memvakum kompresor tanpa menggunakan mesin vakum
Pada prinsipnya freon yang akan dimasukan, kompresor harus dalam keadaan hampa dari udara. untuk menghampakan ruang kompresor hendaknya kompresor harus divakum lebih dahulu, Masalahnya mesim vakum ga' ada mas............! memangsih pada prinsipnya menggunakan mesin vakum lebih cepat untuk mendapatkan tekanan dibawah 0 s/d -30psi. tapi tidak perlu cemas, masih ada ko' cara memvakum kompresor tanpa harus menggunakan mesin vakum. caranya yaitu dari pipa streainer/saringan. Alat-alat yang di butuhkan adalah sebagai berikut : Tang Ampere Manifold Gauge Mesin Las Hi-Cook Methyl (cairan pembersih) Freon/Refrigerant R134a pipa kapiler Prakteknya...........? Pasang pentil dengan cara mengelas pada pipa untuk pengisian Freon yang terdapat pada kompresor.Ingat....! sebelum pentil dilas lepas dulu karet penekan pada pendil, klu tidak sil pada pentil akan terbakar karena panas Setelah pentil terpasang, potong pipa pendek yang terdapat pada saringan/strainer yang biasanya juga sudah dibuntukan dari pabrik pembuatan kulkas, dan setelah pipa dipotong pasang pipa kapiler pada pipa yang telah dipotong tadi. guna pemasangan pipa kapiler agar lubang pipa tekan lebih kecil dari pada pipa hisap (pentil pengisian freon) setelah pipa kapiler terpasang, pasang selang manifol warna biru pada pentil pengisian freon dan keran manifold harus dalam keadaan tertutup. jangan lupa memasang penekan pentil yang dilepas tadi. ambil wadah kecil sebagai tempat methyl bisa juga menggunakan tutup botol AQUA, dan isi botol aqua tersebut denngan methyl. hidupkan kompresor kulkas dan pang tang amper pada salah satu kabel yang menuju overload dan dari pipa kapiler yg dibuat tadi akan mengeluarkan tekanan angin yang kencang, setelah angin keluar tidak kencang lagi letakan wadah yang berisi cairan methyl tadi pada ujung pipa dimana keluarnya angin guna untuk mengetahui masih ada atau tidaknya gelembung udara yang keluar. Catatan: untuk mengetahui gelembung udara tidak boleh menggunakan cairan lain, contoh air. setelah kurang lebih 35menit biasanya gelembung udara sudah hilang dan jarum pada manifold menunjukan angka di bawah 0s/d-30psi. kalau dalam waktu tersubut gelembung masih ada dan tekanan belum mencapai -20s/d-30psi berarti masih ada kebocoran pada pipa hisap dan mungkin pada lasan di pentil. Setelah angka sudah menunjukan angka di bawah -20s/d-30 dan gelembung sudah benar-benar hilang, cepit pipa tempat keluarnya gelembung tadi dengan tang dan las mati hingga benar-benar buntu. pemakuman pun selesai dan tinggal langkah selanjutnya yaitu pengisian freon yang akan Saya bahas di posting berikutnya.. Selamat mencoba, timbulkan keyakinan. orang lain bisa kenapa kita tidak.........?

TEORI DASAR KULKAS
Sistem kerja lemari es dimulai dari bagian kompresor sebagai jantung kulkas yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Pada saat dialiri listrik, motor kompresor akan berputar dan memberikan tekanan pada bahan pendingin. Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Dengan wujud seperti itu, memungkinkan refrigerant mengalir menuju kondensor. Dan disaring oleh Dryer / Filter. Pada titik kondensasi, gas tersebut akan mengembun dan kembali menjadi wujud cair, Refrigerant cair bertekanan tinggi akan terdorong menuju pipa kapiler. Dengan begitu refrigerant akan naik ke evaporator akibat tekanan kapilaritas yang dimiliki oleh pipa kapiler. Saat berada di dalam evaporator, refrigerant cair akan menguap dan wujudnya kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat rendah. Akibatnya, udara yang berada di sekitar evaporator menjadi bersuhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi wujud cair. Pada kondisi yang berulang memungkinkan udara tersebut membeku menjadi butiran-butiran es. Hal tersebut terjadi pada benda atau air yang sengaja diletakkan di sekitar evaporator. Kompresor Kompresor merupakan bagian terpenting di dalam kulkas . Apabila di analogikan dengan tubuh manusia, kompresor sama dengan jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh begitu juga dengan kompresor. Kompresor berfungsi memompa bahan pendingin keseluruh bagian kulkas . Berfungsi untuk menaikkan temperatur kondensasi gas refrigerant dengan cara menaikkan tekanan gas refrigerant yang masuk dari evaporator. Kondensor Kondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. Yang digunakan pada sistem refrigrasi kulkas kecil maupun sedang. Kondensor seperti ini memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus. Saat lemari es bekerja kondensor akan terasa hangat bila dipegang. Gas refrigerant panas bertekanan dan bertemperatur tinggi yang masuk dari Kompresor akan keluar sebagai cairan refrigerant bertekanan dan temperatur tinggi Filter / Dryer Filter ( saringan ) berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin yang keluar setelah melakukan serkulasi agar tidak masuk kedalam pipa kapiler dan kompresor. Selain itu , bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal. Pipa Kapiler Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan dan mengatur banyaknya cairan refrigerant yang berasal dari pipa kondensor untuk diuapkan di evaporator. Evaporator Evaporator berfungsi menyerap panas dari benda yang di masukkan kedalam kulkas, kemudian evaporator menguapkan bahan pendingin untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai fungsinya evaporator adalah alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin, evaporator di buat dari bahan logam anti karat, yaitu tembaga dan almunium. Thermostat Thermostat memiliki banyak sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. Apapun sebutannya, thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Bisa dikatakan, thermostat adalah saklar otomatis berdasarkan pengaturan suhu. Jika suhau evaperator sesuai dengan pengatur suhu thermostat, secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik ke kompresor. Heater (hanya terdapat di kulkas 2 pintu) Hampir keseluruan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas (heater). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evapurator . Selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es. Fan motor Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin . Pada kulkas ada dua jenis fan: Fan motor evaporator (hanya terdapat di kulkas 2 pintu) Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak ( rak es , sayur ,dan buah ). Fan motor kondensor kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil yang berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor . Selain itu berfungsi mendinginkan kompresor. Overload protector (OLP) Adalah komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan arus akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi acuan arus normal. Bahan Pendingin (Refrigerant) Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda.

MEMPERBAIKI KERUSAKAN PADA KULKAS
Pada umumnya gangguan/kerusakan pada kulkas terjadi di sebabkan oleh Karena terlalu berlebihan dalam pengisian freon karena kekurangan dalam pengisian freon karena kebocoran pada pipa-pipanya karena kebocoran pada kompresor karena konsleting pada spoel motor Gangguan atau kerusakan terbut di atas di tinjau secara umum saja berdasarkan survey di lapangan bola yang sering terjadi. Mesin kulkas tidak bekerja Kulkas ada yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa bekerja sama sekali meskipun socket kabel sudah di tancapkan pada stopkontak, motor kompresor tidak terdengar gerakannya, jika menjumpai kerusakan yang demikian perlu di teliti dahulu apa penyebabnya. Umumnya jika kulkas tidak bekerja sama sekali walaupun sudah di colokan ke stopkontak PLN biasanya di sebabkan oleh bebarapa faktor: 1. Kabel-kabel ada yang putus Periksa pada sambungan kabel mulai dari bagian stopkontak sampai ke mesin pendingin dan periksa juga pada socket yang menempel pada motor kompresor mungkin socketnya ada yang lepas, kendur atau terbakar. 2. Overload rusak Jika di duga bagian ini yang rusak biasanya tegangan menjadi turun dan hilang sama sekali (tidak ada tegangan yang masuk) ukur dengan menggunakan volt meter apakah sesuai dengan tegangan yang di butuhkan mesin pendingin. 3. Starting, kontak relay terbuka Jika relay kontak terus membuka aehingga arus tidak bisa berhubungan yang akibatanya motor listrik (kompresor) tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati.

MEMBUAT ALAT VAKUM DARI KOMPRESOR BEKAS.
Alat-alat yg di butuhkan untuk membuat alat vakum ini adalah: Mesin Las kawat las pentil dan kompresor bekas minimal 1/8pk Apasih guna mesin vakum untuk alat service mesin pendingin?setau saya memakai mesin vakum bs lebih cepat prosesnya di bandingkan vakum Body. dan kenapa kompresor harus divakum? karena klu kompresor yg akan diisi freon tidak divakum terlebih dahulu Evaporator tidak dpt menghasilkan dingin karena msh terdapat zat lain, seperti udara dan partikel2 yg menggagu sirkulasi freon pd sistem. dengan pem-vakuman dapat mengeluarkan udara, partikel, dan zat2 lain yg dapat menggagu sirkulasi pd freon.maaf mas... byk ceritanya ya dr pd prakteknya? Prakteknya pertama siapkan dua buah pentil, knp harus dua pentil? krn selain buat vakum juga bisa buat nambah angin sepeda motor, percaya ga'?Las kedua pentil pd setiap pipa yg terdapat pd kompresor, yg satu pd pipa hisap dan yg satu lg pd pipa tekan. bin sala bim.... dah jd vakumnya.terus cr gunainnya gimana?klu untuk mem-vakum, lepas kepala pentil pd pipa tekan pasang selang manifold warna kuning pd pipa hisap pasang selang manifold warna biru pd kompresor yg akan divakum hidupkan mesin vakum rakitan dan buka keran manifold warna biru. saat mesin vakum di hidupkan jangan menghidupkan kompresor yg akan di vakum, dan kompresor tidak boleh bocor. biarkan udara dari kompresor di hisap mesin vakum dan dikeluarkan dari pipa tekan pd mesin vakum tunggu lebih kurang 30menit untuk mendapatkan hasil vakum yg maksimal antara -20psi s/d -30psi, sambil menunggu hasil pem-vakuman lebih baik nikmati dulu minuman yg disajikan tuan rumah, tp klu minumannya ga' di sediai.. ya beli sendiri...kwk...kwk...kwk... setelah mendapat hasil yg di inginkan tutup kembali keran manifold dan matikan mesin vakum. selesai dech dan tinggal langkah mengisi freon, jgn lupa lepas selang warna kuning dr mesin fakum dan pindah kan selang tersebut ke tabung freon. klu untuk memompa ban sepeda motor: lepas kepala pentil pd pipa hisap pasang selang pd pipa tekan yg nantinya memompa banl sepeda motor NB. guna melepas kepala pentil, agar udara dapat keluar dan masuk melalui mesin vakum selesai dech....semoga bermanfaat....

KELISTRIKAN KULKAS
Kali ini Kelistrikan Kulkas (Refrigerator Electrical) kita akan membahas tentang cara kerja rangkaian kelistrikan pada sebuah refrigerator dengan kontrol defrost otomatis (automatic defrost control). Refrigerator yang dibahas disini adalah jenis aplikasi yang umum ditemukan di rumah tangga (domestic refrigerator). Overview Refrigerator adalah suatu alat/mesin yang berfungsi untuk menyimpan makanan sehingga makanan menjadi lebih awet dan segar. Kenapa makanan yang disimpan dalam refrigerator bisa lebih tahan lama dibandingkan dengan ditempatkan di udara terbuka? Penyebab tidak tahan lamanya makanan adalah terdapatnya bakteri pembusuk dalam makanan tersebut, dalam kondisi udara terbuka (temperatur ruang tinggi, misalnya 30°C) perkembangbiakan bakteri terjadi sangat cepat akibatnya makanan menjadi cepat busuk. Berdasarkan penelitian perkembangbiakan ini bisa dihambat (diperlambat) jika temperatur ruang diturunkan. Perkembangbiakan bakteri yang signifikan ini ternyata ketika temperatur ruang diturunkan dibawah 10°C menjadi sangat lambat. Dengan demikian proses pembusukan makanan dapat diperlambat juga. Maka dibuatlah suatu alat yang berfungsi untuk menjaga/ mengkondisikan temperatur untuk menjaga makanan tersebut sehingga bisa bertahan lebih lama. Alat tersebut dinamakan "refrigerator" atau kita mengenalnya sebagai kulkas. Bagaimana refrigerator bisa menjaga temperatur yang kita inginkan? Sebuah alat yang dinamakan thermostat, bekerja untuk mengontrol temperatur dalam ruang yang didinginkan. Thermostat akan menjaga temperatur dalam batasan yang telah ditentukan (di-setting). Anda pernah melihat tombol pengatur di dalam refrigerator dengan tanda 1-2-3 dst, high-medium-low, warm-cool-coldest, ataupun tanda lainnya untuk menyatakan level temperatur? Itulah yang dinamakan thermostat. Ada refrigerator dengan 2 ruang yang berbeda, apakah fungsi masing-masing ruangan tersebut? Itu adalah refrigerator no-frost (frost free). Refrigerator/kulkas 2 pintu kalau secara umumnya disebut seperti itu. Pada refrigerator jenis ini terdapat dua kategori temperatur ruang yang berbeda yaitu: 1. Ruang Freezer: untuk membekukan makanan dengan range temperaturnya dari 0°C s/d -25°C (umumnya ditempatkan dibagian atas /pintu atas) 2. Ruang Refrigerator: untuk menyimpan makanan dalam waktu beberapa hari saja dengan range temperaturnya dari +2°C s/d +10°C (umumnya ditempatkan di bagian bawah). Untuk menjaga temperatur di masing-masing ruang maka diperlukan suatu rangkaian kelistrikan yang bisa mengontrol kerja kompresor dan juga mengatur proses pencairan bunga es. Dibawah ini adalah salah satu contoh rangkaian pengontrol sebuah refrigerator yang umum digunakan banyak manufaktur. (img:246729158705765) Sebelum kita membahas cara kerjanya, disini akan saya jelaskan dulu masing masing komponennya: Thermostat: Ada dua cara pemasangan thermostat, dipasang dibagian freezer atau dipasang dibagian refrigerator. Jika thermostat yang memiliki sebuah kontak listrik dipasang dibagian freezer untuk mengontrol kerja kompresor maka untuk mengontrol temperatur ruangan refrigerator digunakan mechanical thermostat yang mengontrol buka tutupnya saluran udara dingin dari bagian freezer yang masuk ke ruang refrigerator. Defrost Timer: suatu alat yang berfungsi untuk mengatur lamanya kerja kompresor dan mengatur proses pencairan bunga es di Evaporator (defrost cycle). Kompresor diatur umumnya bekerja sekitar 6 jam setelah itu harus dilakukan pencairan bunga es yang menggumpal di Evaporator dan bak penampung air yang terdapat dibawahnya. Lamanya proses defrost tergantung ketebalan es di Evaporator, semakin tebal semakin lama. Defrost Thermo: Suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi temperatur di sekitar Evaporator sehingga bisa mengatur apakah proses pencairan es perlu dilakukan atau tidak. Alat ini juga berfungsi untuk menghentikan proses defrost apabila temperatur evaporator sudah terdeteksi diatas 0°C. Umumnya sekitar 4°C. Tergantung peletakan dari Defrost Thermo itu sendiri. Plate Heater: berfungsi untuk mencairkan es di bagian penampung air selama proses defrost. Defrost Heater: adalah pemanas utama yang berfungsi untuk mencairkan es yang ada di Evaporator.Ukuran heater ini sekitar 120-150Watt. Thermo Fuse: Apabila Defrost Thermo mengalami kerusakan. Misalnya tidak mau memutus pada temperatur yang telah ditetapkan maka Defrost Heater akan terus memanaskan ruangan sekitar Evaporator. Akibatnya temperatur di ruangan Evaporator akan naik terus dan jika dibiarkan akan sangat berbahaya, selain heater bisa rusak, juga interior dari kulkas tesebut kemungkinan besar akan meleleh karena pemanasan yang tidak terkontrol tersebut. Thermo Fuse akan putus jika temperaturnya mencapai 72°C (beberapa manufaktur ada yang membatasi sampai 70 atau 71°C). Kompresor Motor: berfungsi untuk menggerakkan Kompresor sehingga refrigeran bisa bersirkulasi. Thermal Overload Protector: Mencegah terbakarnya Motor Kompresor yang diakibatkan oleh panas yang berlebihan. PTC Starter: Salah satu jenis starter yang digunakan saat Kompresor mulai bekerja. SC (Starting Capacitor): Kapasitor yang berfungsi untuk menambah torsi pada saat Kompresor mulai bekerja. RC (Running Capacitor): fungsi utamanya untuk menggeser sudut fase, dan memanfaatkan kumparan bantu sehingga Kompresor bekerja lebih effisien. Evaporator Fan Motor: Berfungsi untuk mensirkulasikan udara dalam ruangan. Freezer Door Switch: Sebuah saklar yang dipasang di bagian pintu Freezer, berfungsi untuk mematikan kipas saat pintu dibuka, sehingga bisa mengurangi keluarnya udara dingin dari ruangan freezer. Refrigerator Door Switch: Sebuah saklar yang dipasang di bagian pintu Refrigerator, berfungsi untuk mematikan kipas evaporator saat pintu dibuka, sehingga bisa mengurangi keluarnya udara dingin dari ruangan refrigerator.Selain itu saklar ini juga berfungsi untuk menghidupkan lampu penerangan dalam ruang refrigerator.

KOMPONEN PADA SISTEM KULKAS KOMPRESOR
Kompresor ini merupakan bagian terpenting di dalam kulkas, Kompresor berfungsi memompa bahan pendingin (Freon) keseluruh bagian kulkas, dan juga untuk menaikkan temperatur kondensasi gas refrigerant dengan cara menaikkan tekanan gas refrigerant yang masuk dari evaporator. Timbul Efeknya kerusakan pada Compressor kulkas adalah tegangan listrik yang tidak stabil (naik turun) / tegangan terlalu rendah sehingga kinerja Compressor menjadi berat ( saran dari kami pasang AVR / STABILIZER ) untuk menghindari tegangan yang tidak stabil, beban muatan melebihi kapasitas kulkas, Kulkas terlalu dekat dengan dinding/tembok rumah, beri jarak antara body kulkas dengan dinding minimal 30 cm untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

KONDENSOR
Kondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. Yang digunakan pada sistem refrigrasi kulkas kecil maupun sedang. Kondensor seperti ini memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus. Saat lemari es bekerja kondensor akan terasa hangat bila dipegang. Gas refrigerant panas bertekanan dan bertemperatur tinggi yang masuk dari Kompresor akan keluar sebagai cairan refrigerant bertekanan dan temperatur tinggi. Alat ini jarang sekali rusak.

FILTER/STRAINER
Filter ( saringan ) berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin setelah melakukan sirkulasi. Sehingga tidak masuk kedalam kompresor dan pipa kapiler. Selain itu , bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal. Filter ini sering kali juga meyebabkan Kulkas tidak dingin karena di dalamnya sudah terlalu kotor (timbulnya penyumbatan) sehingga mengganggu sirkulasi Refrigrant (di kenal dengan sebutan Freon) yang juga melewati pipa kapiler ( Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27″ 0.31″ 0.54″ dan 0.70″ ).

AKUMULATOR
Merupakan alat yang berguna untuk mengumpulkan cairan refrigeran yang berasal dari kondensor. dengan adanya alat ini akan memudahkan pengaturan stock dari total refrigeran. Alat ini jarang sekali rusak dan letaknya dekat dengan evaporator.

EVAPORATOR
Evaporator berfungsi menyerap panas dari benda yang di masukkan kedalam kulkas. Kemudian evaporator menguapkan bahan pendingin untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai fungsinya evaporator adalah alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin, evaporator di buat dari bahan logam anti karat, yaitu tembaga dan almunium. Alat ini apabila bocor oli dari kompresor biasanya akan mengendap di dalamnya, sehingga harus diflusing terlebih dahulu agar kulkas kembali normal dan menghasilkan suhu dingin yang normal.

PIPA KAPILER
Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan dan mengatur banyaknya cairan refrigerant yang berasal dari pipa kondensor untuk diuapkan di evaporator.

THERMOSTAT
Thermostat memiliki banyak sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. Apapun sebutannya, thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Thermostat biasanya disebut saklar otomatis yang bekerja berdasarkan pengaturan suhu. Jika suhu evaperator sesuai dengan pengatur suhu thermostat, secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik ke kompresor. Thermostat terletak / menempel langsung di Evapurator kulkas. Cek pada pintu atas kebanyakan Evapurator saat ini, cabut kedua ujung kabel Thermostat tersebut kemudian hubungkan pada pada multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, jika pada jarum multytester bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti komponen Themo-fuse masih normal, tetapi jika sebaliknya jika jarum multytester tidak bergerak naik sama sekali itu sama dengan rusak segera ganti yang baru.

HEATER 
(hanya terdapat di kulkas 2 pintu) Hampir keseluruan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas (heater). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evapurator . Selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es. Apa bila alat ini rusak maka bunga es yang sudah terbentuk pada evaporator kulkas tidak akan dapat mencair dan dapat menimbulkan menumpuknya bunga es karena tidak dapat memanaskan dengan energi kalornya dan berakibat kipas tidak dapat menghembuskan udara dingin karena lubang-lubang pentalasi tertutup bunga es. bahkan kadang kipas dapat tersangkut oleh timbunan bunga es sehingga tidak dapat berputar.

FAN MOTOR/KIPAS
Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin . pada kulkas ada dua jenis fan fan motor evaporator Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak (rak es , sayur ,dan buah). Jika kipas evaporator ini rusak bisa juga menyebakan kulkas menjadi tidak dingin karena evaporator yang sudah dingin tidak di hembuskan ke dalam kulkas oleh kipas ini sehingga lama kelamaan akan terbentuk bunga es. fan motor kondensorKipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil. Kipas angin ini berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu berfungsi juga untuk mendinginkan kompresor

TIMER
Alat ini terletak di berbagai macam tempat, seperti di samping Compressor kulkas dan juga ada yang di dalam pintu bawah kulkas berbarengan dengan Thermostart Lampu penerangan kulkas. Timer kulkas ini yang yang menghubungkan kompresor bekerja dan heater bekerja (silih berganti). Kalau mau cek kondisi komponen tersebut silahkan lepaskan ke empat kabel yang terhubung dan satu hal jangan lupa beri tanda / label pada kabel satu persatu, di maksud adalah untuk memudahkan pemasangannya kembali. Pada body Timer kulkas terdapat angka 1-2-3-4, pada kebanyakan Timer kulkas 1 dan 3 adalah untuk arus motor rotary ( berputarnya motor Timer ), silahkan Anda test kaki yang nomor 1 dan 3 dengan menggunakan multytester (gunakan skala x10 ohm atau x100 ohm) dan jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti kumparan motor Timer tidak rusak, setelah itu silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Timer yang nomor 1 dan 3 ke Arus listrik langsung (220 volt) kemudian lihat di body Timer tersebut sebuah kotakan kecil transparan di maksud adalah untuk melihat putaran roda bergigi, dan jika masih berputar berarti Timer kulkas tersebut masih bisa di pakai tetapi kalau tidak berputar berarti minta ganti yang baru.

OVERLOAD 
Overload adalah komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan, akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal. Overload rusak Jika di duga bagian ini yang rusak biasanya tegangan menjadi turun dan hilang sama sekali (tidak ada tegangan yang masuk ke kompresor) ukur dengan menggunakan volt meter apakah sesuai dengan tegangan yang di butuhkan mesin pendingin

REFRIGERANT/FREON
Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda. Persyaratan Freon : Tidak beracun, berwarna dan berbau Bukan termasuk bahan yang mudah terbakar. Bukan penyebab korosif Dapat bercampur dengan minyak pelumas kompresor Memiliki struktur kimia yang stabil Memiliki titik didih yang rendah Memiliki tekanan kondensasi yang rendah Memiliki tingkat penguapan yang rendah Memiliki kalor laten yang rendah Memiliki harga yang relatif murah., Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar